traveling

Serunya Malam Tahun Baruan di Pulau Onrust

Siap menyambut tahun baru 2015 guys? Udah punya rencana mau merayakan tahun baru dimana? Kalau belum, kamu bisa nih bareng teman-teman kamu atau pasangan kamu seru-seruan di Pulau Onrust.

onrust

Sedikit info tentang pulau Onrust nih guys, pulau Onrust adalah salah satu pulau dari ribuan pulau yang ada di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini letaknya dekat dengan Pulau Bidadari. Nah, untuk sampai ke Pulau Onrust, kamu bisa naik speedboat dari Marina Ancol atau kamu bisa juga nih naik kapal-kapal nelayan dari Pelabuhan Muara Kamal. Guys, nama ‘Onrust’ diambil dari bahasa Belanda, yaitu ‘On’ yang artinya tidak dan ‘Rust’ yang artinya diam. So, kalau digabung ‘pulau Onrust’ artinya pulau yang tidak pernah diam, karena memang pulau ini beberapa ratus tahun yang lalu sekitar abad ke-17 dan 19 menjadi pulau yang selalu ramai dikunjungi oleh kapal-kapal singgah, kapal yang diperbaiki di galangan, bermacam aktifitas bongkar muat, dan lainnya dari siang hingga malam. Banyaknya kapal yang singgah pada masa itu juga membuat para penduduk sekitar pulau ini menyebut pulau Onrust dengan ‘Pulau Kapal’. Penguasa pulau Onrust dulunya adalah Baas Onrust Cornelis van der Walck, seorang yang masih keturunan Belanda (fyi guys, Baas Onrust merupakan nama gelar). Menariknya pulau Onrust dibanding dengan pulau-pulau lain di kepulauan Seribu ada pada sisi historisnya. Banyak cerita masa lalu yang harus kamu tau, guys. Beberapa diantaranya pulau Onrust dulunya pernah dijadikan tempat karantina untuk para calon haji, sempat dijadikan tempat penjara bagi para penjahat kelas berat, dan juga pernah dimanfaatkan sebagai rumah sakit karantina bagi penderita penyakit menular. Kini pulau Onrust jadi salah satu pulau menarik buat dikunjungi, guys. Buat yang hobi fotografi, pulau ini pas banget buat objek foto kamu, karena di sini masih banyak makam dan bangunan-bangunan tua.

onrust2

onrust3

Nah, malam tahun baru 2015 ini Komwa akan mengajak kamu untuk menikmati keindahan dan sejarah pulau Onrust, guys. Pasti ada beberapa di antara kamu-kamu yang berpikiran “ngapain ke Onrust? Cuma liatin bangunan-bangunan aja”, atau “ah nggak seru tahun baruan di Onrust. nggak bisa berenang”. Oh guys, C’mon walaupun di pulau Onrust hanya ada bangunan-bangunan tua dan kesannya nggak menarik, di sini kamu bisa dapat pengalaman baru yang berbeda, dapat ilmu baru, juga dapat teman baru. Kamu akan diajak ber-camping ria guys dan yang serunya lagi kita bakal keliling malam di pulau Onrust yang gelap, penuh dengan bangunan kosong, dan makam. rrrr.

onrust5

Eits, tapi jangan jadi takut ya guys, karena dibalik itu semua kamu akan menikmati indahnya kerlap-kerlip kembang api Jakarta disertai pantulannya di permukaan laut dan di pagi harinya kamu bisa melihat matahari terbit yang cantik.

onrust4

unnamed

Dari sebuah bata kita bisa dapat banyak cerita tentang siapa pembuatnya, bagaimana cara membuatnya, dengan cara apa bata itu dulu diangkut ke pulau ini (Komwa). Guys, tahun baruan nggak melulu harus ke tempat jauh dan mahal, nggak melulu juga harus ke tempat yang ramai dan bagus, tahun baruan di pulau seperti pulau Onrust yang hanya berupa bangunan-bangunan tua ini juga seru dan bisa mengajak kita kembali melihat masa lalu, sebelum menatap dan menyambut masa depan.

Selamat menyambut Tahun Baru 2015, guys 😀

thanks to: komwa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s