traveling

Naik Pesawat Terbang

Jujur, saya memang hobi jalan-jalan. Pergi ke suatu tempat baru yang belum pernah saya kunjungi dengan menggunakan motor, mobil, bus, kereta api, dan kapal laut sudah saya lakukan. Tapi, dengan menggunakan moda transportasi pesawat terbang? BELUM PERNAH SAMA SEKALI! Kenapa? Pertama, karena tiketnya yang mahal jadi saya belum bisa beli dan hanya menunggu tiket promo, itu pun hoki-hokian. Alasan kedua, karena saya takut! Iya, saya takut naik pesawat terbang. Takut berada dalam sebuah tempat tertutup selama berjam-jam di atas daratan dan lautan. Nggak kebayang gimana rasanya ada di dalam pesawat terbang dan rasa takut saya akan naik pesawat terbang semakin bertambah setelah adanya tragedi kecelakaan pesawat AirAsia akhir tahun 2014 lalu.

*Eng ing eng* setelah penantian lama menunggu tiket promo pesawat terbang, finally saya dapat tiket promo AirAsia tujuan Jakarta-Kuala Lumpur-Jakarta (PP). Fyi, berangkatnya tanggal 15 Januari 2015  ini. *Seneng sih, buat pertama kalinya saya akan naik pesawat terbang. Ke luar Negeri pula. Tapi kebayang dong gimana rasa takut saya semakin menjadi gara-gara berita itu? :((* Seketika, ada perasaan pengen dibatalin aja, tapi saya terus menguatkan hati saya, eemmm masih menguatkan hati sih dan melawan rasa takut terhadap pesawat terbang itu dengan kalimat sakti saya kira-kira seperti ini, “kapan lagi gue bisa naik pesawat terbang kalau nggak sekarang? Kapan lagi gue bisa pergi ke luar negeri, kalau nggak sekarang?” kata-kata ini masih terus saya yakini di hati saya, sampai detik ini. Tapi masih aja. . . .  t-a-k-u-t.

photo source: hdw.eweb4.com

Bingung? Jujur, iya banget. Bingung cari cara apa lagi buat usir rasa takut saya. Akhirnya saya coba buat menguatkan hati saya lagi supaya nggak takut sama pesawat terbang, caranya kurang lebih yang saya lakukan seperti ini:

1) Menjauhkan berita-berita yang tidak mengenakan tentang pesawat terbang

Ini benar-benar saya lakukan. Menjauhi diri dari berita-berita yang lagi berkembang sekarang apa lagi tentang tragedi AirAsia kemarin. Bukannya nggak simpati, tapi saya merasa kalau saya lihat atau baca terus beritanya, yang ada rasa takut saya sama pesawat terbang makin menjadi.

2) Memikirkan hal-hal positif dan menyenangkan

Harus banget saya lakukan ini. Mencari tempat-tempat wisata yang akan saya kunjungi selama di Kuala Lumpur dan membayangkan gimana asyik dan serunya nanti di sana. Terus saya juga membayangkan gimana kerennya Indonesia yang nanti saya lihat dari pesawat terbang. aaaaaa.. pasti keren!

3) Meminta orang-orang terdekat untuk terus support saya kalau naik pesawat terbang itu asyik.

Iya, saya terus minta orang-orang terdekat buat kasih saya semangat, kasih saya hal-hal positif tentang pesawat terbang. Ini lumayan ampuh buat saya, saya bisa sedikit lebih relax.

4) Berdoa sama Yang Di Atas

Ini selalu saya lakukan! Saya terus memohon dan meminta pada-Nya supaya hati saya tetap tenang, dijauhkan dari pikiran-pikiran negatif, dan selalu diberikan perlindungan dimana pun saya berada.

Semoga beberapa cara saya ini juga bisa membantu kalian yang sama takutnya seperti saya, ya. πŸ™‚

Bismillah.

2 thoughts on “Naik Pesawat Terbang

  1. Sy juga punya aviophobia, sangat takut naik pesawat meskipun sudah berkali-kali tetap saja takut dan sangat mengganggu hobby sy yg suka travelling n pekerjaan sy..sy sangat iri dgn orang2 yg bisa ke luar negri dgn berada di pesawat lebih dari 2jam..sy ingin sekali menghilangkan phobia ini.Salam Kenal

    Like

    1. Hi Maria. Aku juga belum pernah ngalamin di dalam pesawat lebih dari 2 jam, tp pengalaman pertama biki aku tau rasanya naik pesawat. Tegang. Hihi. Tp salah satu solusinya mikirin tempat2 keren yg mau disinggahi.
      Salam kenal juga, Maria πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

