Tips · traveling

Jurus Hemat Sebelum Backpackeran ke Luar Negeri

Photo source: cakrawalatour.com
Photo source: cakrawalatour.com

Semua orang pasti punya impian bisa jalan-jalan ke luar negeri. Kalau pergi sama orang tua sih ya enak, tinggal minta sana sini, tiket sudah diatur, menginap juga sudah pasti di tempat yang enak dan mewah, makan tinggal makan, oleh-oleh tinggal minta dibeliin. Nah, kalau pergi bareng teman atau bahkan sendirian dengan gaya backpackeran sudah pasti kita harus banyak-banyak perhitungan. Harus bisa mikirin modal awal, biaya hidup di sana, dan pengeluarannya apa aja. Berikut tips jurus hemat sebelum backpackeran ke luar negeri menurut saya.

  • Cari tiket promo pesawat dari segala maskapai penerbangan. Kalau mau jalan-jalan ke luar negeri, rajin-rajinlah cek situs dari maskapai-maskapai penerbangan. Biasanya suka ada promo-promo tiket murah. Biar nggak ketinggalan informasinya, kita daftar aja jadi member supaya bisa dapat newsletter-nya.
  • Tukar uang saat mata uang kita lagi menguat. Ini harus banget, biar bisa dapat uangnya lebih banyak, hehe. Oh iya, kalau bisa tukar uangnya juga di money changer yang rate-nya bagus, ya. Pengalaman saya beberapa hari yang lalu, tukar uang ke Ringgit Malaysia di 2 money changer yang ada di Bogor, yang pertama di Botani Square dan yang kedua di daerah Indraprasta. Rate-nya ya begitu… jauh banget. Di tempat pertama kena 3600 dan di tempat kedua kena 3590. Cuma beda dikit. Tapiii, Dheny, pacar saya, di salah satu money changer di Bekasi kena murah banget cuma 3535. *KESEL* padahal di hari yang sama tukar uangnya. Kenapa? Entahlah. Intinya, kalau bisa cek dulu semua money changer yang ada di kota kita. Semua. Lalu bandingkan. Dan cari yang rate-nya paling bagus.
  • Cari promo-promo hotel. Sekarang udah banyak banget situs-situs yang menyediakan booking hotel secara online. Nggak jarang juga sering diadakan promo-promo hotel bahkan sampai diskon 70%. Kaya saya, dari situs traveloka.com bisa dapat promo hotel di Kuala Lumpur, diskon 70% buat 2 malam, hehe. Yang harusnya bayar 800ribuan, jadi cuma bayar sekitar 254ribu aja! Sekali lagi, daftar jadi member di situs-situs booking hotel, biar bisa dapat newsletter-nya.
  • Pisahkan uang modal kita buat di luar negeri nanti dengan biaya lainnya. Gunanya supaya uang modal hidup kita buat di luar negeri nanti nggak terganggu. Jadi, sebelum berangkat, pisahkan dulu ya. Untuk biaya transportasi dari rumah menuju bandara, berapa. Kemudian, uang airport tax (kalo ada airport tax-nya) juga diamankan dari uang modal hidup kita. Intinya di dompet kan banyak tempat selipannya tuh, nah selipkan deh uang itu di tempatnya masing-masing, biar nggak kecampur.
  • Sebaiknya cukup bawa 1 tas carrier atau tas punggung dan 1 tas selempang. Bawa 1 tas carrier atau tas punggung yang ukurannya cukup besar dan muat bawa semua perlengkapan kita, mulai dari baju, celana, dan pakaian dalam. Kalau bisa berat tas juga jangan lebih dari 7 kg, ya. Perlengkapan mandi dan make up (biasaaa, cewek) dibawa cukup di dalam 1 pouch aja, kalau bisa ukurannya yang travel size semua. Nah, terus tas selempang apa fungsinya?  Tas selempang fungsinya buat menaruh barang-barang yang sering kita gunakan guys, misalnya tiket, paspor, visa, dompet, handphone, dan kamera. Alasannya supaya nggak ribet aja. Nggak mau dong kita harus buka tas punggung atau acak-acak isi carrier lagi, cuma buat ambil barang-barang berharga atau cek handphone aja? Kenapa cukup hanya bawa 1 tas carrier dan jangan lebih dari 7 kg? Soalnya biar nggak kena biaya bagasi. Kan backpackeran, jadi harus bisa diminimalisir sebaik mungkin

Nah, itulah beberapa jurus hemat sebelum jalan-jalan ke luar negeri dengan gaya backpackeran menurut saya. Yang penting kalau mau backpackeran ke luar negeri sih adalah sebisa mungkin kita harus bergaya hidup hemat tapi nggak menyiksa diri sendiri juga, ya. Pokoknya, manfaatkan semua yang berbau promo atau gratisan dan jangan boros selama berada di luar negeri, hehe. Enjoy your journey 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s