Personal · traveling

The Most Annoying Passengers

Photo source: www.airasia.com
Photo source: http://www.airasia.com

Naik pesawat terbang membuat saya bisa bertemu dengan macam-macam orang dari seluruh dunia. Naik pesawat terbang juga membuat saya semakin lebih detail memperhatikan orang-orang di dalam kabin pesawat. Saya lihat banyak para paenumpang pesawat yang berkelakuan baik, tapi nggak jarang ada juga yang berkelakuan kurang baik. Nah, beberapa hal yang saya amati dari para penumpang pesawat terbang terutama perilaku-perilaku yang menurut saya kurang baik dan ganggu banget adalah :

  • Masih banyaknya para penumpang yang sering mengabaikan pengumuman informasi di dalam pesawat. Saat kita masuk ke dalam pesawat dan sudah duduk manis di kursi penumpang, biasanya langsung ada pengumuman informasi untuk memakai sabuk pengaman dan mematikan handphone selama penerbangan. Tapiiii…. Yang saya perhatikan, masih ada aja orang-orang entah dari kewarganegaraan mana yang nggak mengindahkan informasi itu. Masih aja menggunakan handphone dan lupa memasang sabuk pengaman. Heuum.. Sampai pesawat mau take off pun saya masih lihat orang yang bersebelahan dengan saya memainkan handphone. *pyuuuh*
  • Masih banyak yang acuh dengan informasi tata cara keselamatan yang diperagakan oleh pramugari. Dan yang saya lihat rata-rata semua penumpang nggak menyimak informasi ini. Banyak di antara penumpang yang ngobrol atau asyik memainkan handphone. Fyi, pertama kali saya naik pesawat mau itu berangkat atau pulangnya, saya benar-benar memperhatikan sampai selesai semua apa yang diperagakan oleh pramugari tentang cara-cara untuk keselamatan di dalam pesawat kalau ada atau dalam keadaan darurat. Walaupun informasi tata cara keselamatan ada dalam bentuk tertulisnya, tapi menurut saya sih lebih asyik dan lebih kena di otak kalau kita bisa lihat langsung peragaan tata caranya keselamatannya. Tapi, entah kenapa masih ada aja yang acuh dengan ini, padahal ini buat keselamatan diri sendiri, lho.
  • Duduk di kursi yang nggak sesuai dengan nomor seat yang tertulis di boarding pass. It’s big no no. Di boarding pass sudah jelas tertera nomor seat dimana kita akan duduk, tapiii… masih aja saya lihat beberapa penumpang yang main asal duduk dan bukan di tempat duduk yang memang sudah ditentukan. Ini sih nggak asyik banget, harusnya kita bisa duduk nyaman dan enak, tapi malah jadi sebaliknya. Kalau dikasih tau dia salah tempat duduk dan mau pindah ke kursi yang tertera di boarding pass-nya, itu sih bagus, nah kalau yang nggak?
  • Ngobrol dengan suara yang terlalu kencang dan berisik. Ini saya alami banget. Pulang ke Jakarta dari Kuala Lumpur waktu itu saya kebagian flight yang malam, sekitar jam 11. Ini sih waktunya saya tidur. Ya sudah, mau nggak mau saya akan tidur di pesawat, sampai landing di Jakarta. Tapiii… saya gagal total tidur nyenyak di dalam pesawat. Kenapa? Karena ada 3 orang yang menurut penglihatan saya mereka adalah berkewarganegaraan China ngobrol dengan kencang dan super berisik. Ternyata nggak cuma saya merasa terganggu, tapi di kursi belakang saya, ada 2 orang berkewarganegaraan Jerman juga merasa terganggu (kepo. Nggak ngerti sama bahasa 2 orang ini, tapi yang saya tangkap dari percakapan mereka intinya mereka juga merasa terganggu). Oh please, kalau bisa siapa pun di antara kita, pas lagi dapat flight malam sebisa mungkin jangan gaduh dan berisik, ya. Hormati para penumpang yang mau tidur. Kalau pun mau ngobrol, ngobrolnya dengan suara yang pelan, ya 🙂
AirAsia_interior
Photo source: http://www.infowars.com

Itulah beberapa hal perilaku yang menurut saya kurang baik yang saya temukan di dalam kabin pesawat. Untuk point ke-1 dan ke-2 seharusnya sih kita bisa lebih sadar diri lagi kalau informasi-informasi yang diumumkan di dalam pesawat itu sangat penting, sekali saya tegaskan SANGAT PENTING, karena itu buat keselamatan diri sendiri dan juga seluruh orang-orang yang ada di dalam pesawat. Sebisa mungkin simak baik-baik informasinya, nggak sampai 1 jam kok buat dengar dan lihat apa yang sedang diinfokan. Nah, untuk point ke-3, please please banget, jangan samakan pesawat dengan angkutan umum seperti angkot atau bus, ya. Di pesawat sudah ada nomor seat-nya, jadi jangan pernah duduk di tempat yang tidak sesuai dengan nomor seat yang ada di boarding pass, ya. Dan untuk point ke-4, sebaiknya kita harus bisa memberi rasa nyaman kepada sesama para penumpang pesawat, karena kita sama-sama mau dapat kenyamanan kan selama dalam penerbangan? 🙂

Nah, kenyamanan di dalam pesawat itu bukan hanya dari kondisi pesawat dan kemurahhatian kemurahsenyuman dari pramugari dan pramugaranya aja, tapi juga dari perilaku diri kita sendiri di dalam pesawat. Be a good person, guys 🙂

Leave a Reply

