traveling

Balada Jadi Orang Bule di Malaysia (Part 1)

Perjalanan kurang lebih dua jam dari Jakarta ke Malaysia, nggak bikin saya capek. Malah saya excited banget, karena ini kali pertamanya saya jalan-jalan ke luar negeri bergaya backpackeran. Saya belum tau banyak juga tentang Malaysia, makanya saya ajak travelmate saya (Dheny, yang udah pernah ke Malaysia sebelumnya) buat menemani saya. Perjalanan di pesawat yang membuat jantung saya terus berdebar, akhirnya sampai juga membawa saya ke KLIA2. Hal pertama yang saya lakukan setelah pesawat benar-benar landing di KLIA2 adalah mengucap syukur Alhamdulillah kepada Yang Di Atas, karena saya bisa sampai Negara orang dengan selamat :). Setelah turun dari pesawat saya pun lanjut jalan menuju ruang imigrasi yang letaknya yang nun jauh di sana. Iya, jauuuh. Padahal masih di dalam bandara. Aseli, KLIA2 ini benar-benar besar, saking besarnya Dheny juga sampai bingung cari bagian imigrasi dan pintu keluarnya, haha.
Sukses ketemu ruang bagian imigrasi dan selesai urus-urusan sama imigrasi, security check, dan Dheny berhasil nemu pintu keluarnya, saya dan Dheny langsung menuju ke ruang informasi. Di sini, Dheny tugasnya menanyakan ke mbak-mbak resepsionis dimana tempat naik KLIA Ekspress buat menuju ke KL Sentral. Nah, kalau saya tugasnya cuma dengerin dan mengambil Kuala Lumpur Walks & Tour Map.

 

Foto: dokumen pribadi
Foto: dokumen pribadi

Fyi, Kuala Lumpur Walks & Tour Map isinya berupa informasi tentang segala macam wisata yang ada di Malaysia, ada map Kuala Lumpur satu halaman penuh, dan juga ada map Klang Valley Transit. Lengkap. Kuala Lumpur Walks & Tour Map ini disediakan gratis, jadi jangan ragu buat ambil ya. Ambil aja dua, buat jaga-jaga kalau yang satu robek atau hilang, hehe. Setelah tau harus kemana dari info si mbak-mbak resepsionis di ruang informasi, akhirnya ketemu juga loket buat beli tiket KLIA Ekspress.

Foto: dokumen pribadi
Foto: dokumen pribadi

Tiket KLIA Ekspress dari KLIA2 ke KL Sentral harganya 35 RM atau sekitar 126ribuan. KLIA Ekspress ini ada setiap 3 menit sekali, jadi jangan khawatir takut nunggu lama. Tiket KLIA Ekspress ini saya bilang sih termasuk mahal. Kenapa? Karena KLIA Ekspress ini hanya melewati 2 stasiun aja, KLIA2-KLIA-KL Sentral. Dan Dheny pun bilang, kalau ini jackpot pertama di Malaysia buat yang backpackeran, haha. Oke. Katanya waktu dia ke Malaysia untuk kedua kalinya, naik KLIA Express itu free. (iya, karena setelah saya korek-korek ternyata dia waktu itu dapat undangan dari pihak Tune Hotels, ya otomatis gratis :p).

Tapi, mahalnya harga tiket KLIA Ekspress menurut saya sebanding kok sama kondisi keretanya dan fasilitas yang disediakan. Pertama, KLIA Ekspress ini bersiiiih banget. Kedua, KLIA Ekspress ini nyaman banget, terutama kursinya. Ketiga, jalannya cepat banget. Dari KLIA2 ke KL Sentral nggak sampai setengah jam. Dan keempat, fasilitas wifi-nya yang free dan koneksinya super kencang, Hehe. Di dalam KLIA Ekspress kerjaan saya selain jadi fakir wifi, juga jadi orang yang cuma celingak-celinguk, abis isinya bule semua, dari bule Amerika, Bule Eropa, sampai Bule India. Mungkin Bule Asia waktu itu cuma saya dan Dheny. Cieee, bule, haha.

Semua perjalanan saya yang atur Dheny, mulai dari naik apa, makan apa, arahnya kemana. Tapi kalau tempat-tempat wisatanya sih saya yang rencanain, hehe. Kali pertama ke luar negeri seperti Malaysia sebenarnya nggak terlalu membuat saya shock sih, karena kurang lebih suasana di Malaysia hampir sama kaya di Indonesia. Adem, sejuk, dan orang-orangnya juga ramah. Tapi, saya merasa asing dan cukup shock sebentar dengan jenis-jenis orangnya, moda transportasinya, juga asing dengan bahasanya yang walau nyaris sama dengan bahasa Indonesia cuma tetap aja terdengar aneh di telinga saya, hehe. Hari pertama di Malaysia ini, saya masih harus beradaptasi beberapa jam dulu dengan lingkungan sekitarnya, korek kuping biar jelas omongan orang-orang di sini, dan belajar lagi bahasa Inggris :p

(to be continue…)

Leave a Reply

