Personal · traveling

Balada Jadi Orang Bule di Malaysia (Part 3)

Hari kedua di Malaysia jadwal saya dan Dheny bertandang ke Batu Caves. Untuk menuju ke Batu Caves dari Bukit Bintang itu sangat gampang. Cukup naik monorel dari Bukit Bintang ke KL Sentral dan dari KL Sentral lanjut naik KTM Komuter Port Klang Line ke arah Batu Caves. Dari KL Sentral ke Batu Caves kita harus melewati delapan stasiun, yaitu stasiun Kuala Lumpur, Bank Negara, Putra, Sentul, Batu Kentonmen, Kampung Batu, Taman Wahyu, dan terakhir Batu Caves. Harga tiketnya hanya 2 RM per orang sekali jalan. Muraaaaah banget! 😀

PicsArt_1421807641161

PicsArt_1421807688843

IMG-20150116-WA0014

Sampai di Batu Caves, saya langsung disambut matahari Malaysia yang cukup nyentrik pagi itu. Sebelum ketemu sama patung emas raksasanya, saya harus jalan dulu melewati lorong yang menjual pernak pernik khas india serta jajanan dan minuman lainnya. Oh iya, kalau ke Batu Caves jangan lupa buat bawa air minum ya. Kalau nggak bawa bisa juga beli kok ada yang jual air mineral di dekat pintu masuk, harganya 2 RM yang ukuran 1 liter. Puas. Pertama masuk ke kawasan Batu Caves saya langsung disambut dengan pelataran cukup besar yang merupakan tempat berdoa orang-orang Hindu. Di sini saya banyak bangeeeet ketemu sama orang-orang India. Kita boleh masuk kok ke pelataran ini dengan membuka alas kaki dan jangan membuat kegaduhan. Mau foto-foto juga boleh asal nggak mengganggu mereka yang sedang berdoa. Setelah puas menjelajah dan bernarsis di pelataran, saya harus jalan lagi buat benar-benar bisa lihat si patung emas raksasa yang megah itu. Benar aja, setelah beberapa meter jalan kaki akhirnya sampai di areanya dan saya takjub lihat patung itu. Tinggi menjulang, besar, megah, dan gagah. Pokoknya keren. Ini sih nggak boleh terlewatkan buat nggak foto. Hukumnya wajib, hehe. Rasanya kalau belum foto di depan patung raksasa emas ini namanya belum ke Batu Caves. Di halaman depan patung emas raksasa ini juga saya melihat banyak sekali burung-burung. Kita bisa kasih makan supaya burung-burungnya pada kumpul. Cocok nih buat narsis-narsisan, hehe.

IMG-20150116-WA0010
di pelataran
IMG-20150116-WA0015
di dalam pelataran

IMG-20150116-WA0028

IMG-20150116-WA0025

IMG-20150116-WA0005

Setelah puas ketemu sama patung emas raksasa dan main sama burung-burung, saya jalan lagi buat masuk ke dalam gua. Eits, tapi sebelum benar-benar bisa masuk ke dalam guanya saya harus naik 272 anak tangga dulu guys. Kebayang dong gimana capek? Hehe. Capek sih, tapi pas udah sampai di atas saya langsung disuguhkan dengan pemandangan gua yang luar biasa. Oh iya, pas naik tangga juga saya disambut dengan sekumpulan kera-kera. Lucu sih, tapi saya takut hehe. Jadi, tiap ada kera yang menghampiri, saya kabur. Ukuran keranya besar-besar dan suka ada yang jahil. Jadi, sebisa mungkin jaga barang bawaan ya biar nggak dicuri sama kera :p.

Akhirnya setelah menaiki 272 anak tangga, sampai juga di atas *pyuuuuh* Saya langsung disambut dengan gua yang guede bangeeeet, Di sini ada beberapa kios yang menjual pernak-pernik khas india dan khas Batu Caves. Lanjut masuk ke dalam gua, saya harus menuruni beberapa anak tangga lagi dan setelah itu baru saya masuk ke pelatarannya. Pelataran yang ada di dalam gua ini ukurannya lebih lebaaaar dan besar dari pelataran yang pertama tadi. Dinding-dinding gua dan patung-patung khas India yang ada di pelataran ini juga diterangi dengan lampu yang memberi kesan lebih eksotis.

IMG20150116111559
foto: dokumen pribadi
IMG20150116111800
foto: dokumen pribadi
IMG20150116112111
Foto: dokumen pribadi

IMG-20150116-WA0017

IMG-20150116-WA0019

IMG-20150116-WA0016

IMG-20150116-WA0002

Nggak sampai di situ aja, ternyata saya harus menaiki beberapa anak tangga lagi untuk sampai di area terakhir. Di area terakhir ini saya melihat tempat beribadah orang Hindu dan di sini lebih banyak lagi orang Indianya. Pas sampai di situ ternyata lagi ada beberapa orang yang sedang berdoa.

IMG20150116112741
Foto: dokumen pribadi
IMG20150116112813
Foto: dokumen pribadi

Rasanya saat mengunjungi Batu Caves ini saya seperti lagi ada di India dan bukan di malaysia, hehe… 🙂

(to be continue…)

Advertisements

One thought on “Balada Jadi Orang Bule di Malaysia (Part 3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s