traveling

Batu Caves: Gua Indah di Malaysia

Guys di artikel ‘Balada Jadi Orang Bule di Malaysia (Part 3) saya sempat kasih tau sedikit tentang Batu Caves. Nah kali ini saya mau sedikit lebih detail lagi kasih tau tentang Batu Caves. Apa sih Batu Caves? Batu Caves adalah sebuah bukit batu kapur yang di dalamnya terdapat siri gua dan kuil gua. Nah, Batu Caves ini menjadi salah satu kawasan kuil Hindu yang paling terkenal yang ada di luar India dan menjadi titik tumpuan Hindu serta pusatnya perayaan Thaipusam di Malaysia. Di halaman pintu masuk Batu Caves juga ada sebuah patung besar yang tidak lain tidak bukan adalah patung Dewa Muruggan yang tingginya sekitar 140 kaki.

Komplek Batu Caves berada di ketinggian kurang lebih 100 meter dari permukaan laut yang memiliki tiga gua utama dan beberapa gua-gua kecil lainnya. Gua yang terbesar di Batu Caves dikenal dengan nama Cathedral Cave yang di dalamnya terdapat sebuah kuil Hindu dan untuk bisa masuk ke Gua ini kita harus menaiki 272 anak tangga dulu, guys. Selain itu, di area kaki komplek Batu Caves juga terdapat dua gua, yaitu Art Gallery Cave atau Gua Galeri Seni dan Museum Cave atau Gua Museum. Nah, di dalam kedua gua ini kita akan melihat banyak arca-arca dan lukisan-lukisan Hindu. Di sebelah kiri komplek Batu Caves juga terdapat Gua Ramayana yang di pintu masuknya ada patung Dewa Hanuman berukuran besar yang tingginya sekitar 50 kaki.Untuk bisa menikmati keindahan dari Batu Caves kita nggak dipungut biaya apa pun, guys. Tapi, kalau kita mau menyumbang untuk biaya pemeliharaan kawasan Batu Caves disediakan tempat untuk donasinya.

IMG20150116111559
foto: dokumen pribadi
IMG20150116112903
foto: dokumen pribadi
IMG20150116120508
foto: dokumen pribadi

Oh iya, ada lagi nih yang menarik dari komplek Batu Caves guys, di sini ada yang namanya Dark Cave. Apa itu Dark Cave? Dark Cave adalah gua yang juga menjadi salah satu gua utama di area Batu Caves. Dark Cave sendiri ditemukan oleh Kapten HC Syers dan William T. Hornaday pada tahun 1878. Dark Cave menjadi rumah bagi laba-laba terbesar di dunia, yaitu laba-laba Thapdoor dan juga menjadi rumah komunitas bagi fauna-fauna purba berumur 100 juta tahun. Selain itu, Dark Cave juga menjadi salah satu gua tropis yang paling diteliti di dunia dan memiliki formasi keindahan gua yang sangat megah, mulai dari stalactite, stalagmite, flowstone, cave pearls, cave curtains, column, dan gour pool.

Great-Room-02
foto: dark cave management’s document

Nah, buat kamu yang ingin menikmati kemegahan dari Dark Cave kamu bisa ikutan Educational Tour nih guys. Kurang lebih turnya ini sekitar 45 menit dan selama 45 menit itu kita akan diajak menyusuri Dark Cave. Eits, tapi kamu jangan takut, karena akan dipandu oleh tour guide-nya. Selama berjalan di dalam gua kamu akan dijelaskan oleh tour guide­-nya tentang sejarah dan keunikan dari Dark Cave. Educational tour ini di buka setiap hari, kecuali hari Senin. Hari Selasa-Jumat buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore waktu Malaysia, dan Hari Sabtu-Minggu-hari libur buka dari jam 10.30 sampai jam 5.30 waktu Malaysia. Harga tiket Educational Tour untuk dewasa 35 RM dan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun adalah 25 RM.

Oh iya guys, kalau kamu pengen lebih seru-seruan lagi kamu bisa coba ikutan yang namanya adventure tour. Jadi, Selain kamu diajak untuk tau sejarah dan keunikan dari Dark Cave, di adventure tour ini kamu juga akan diajak climbing, sliding, and off course, the epic crawl! Wohooo seru banget guys, kita diajak main basah-basah dan kotor-kotoran di dalam gua. So, jangan lupa kalau yang mau ikutan adventure tour ini untuk bawa baju ganti. Adventure tour Dark Cave ini hanya dibuka di weekend aja guys. Durasinya kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan harga tiket untuk dewasa 80 RM/pax. Nah, untuk informasi lebih detailnya kamu bisa langsung menghubungi Cave Management Group-nya melalui telepon (+6012.371.5001), email, facebook, atau bisa juga langsung di sini.

Leave a Reply

