traveling

Hiking Santai di Air Terjun Cibeureum

Berencana akhir pekan ini main di Bogor, guys? Tapi bingung mau kemana? Kamu bisa coba nih ke air terjun Cibeureum yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Tepatnya Ada di daerah Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Berkunjung ke air terjun Cibeureum kita bisa merasakan yang namanya hiking, guys. Eits, tapi nggak harus bawa carrier atau perlengkapan naik gunung lainnya. Kamu cukup bawa backpack dan pakai sepatu yang nyaman sudah bisa nih merasakan gimana rasanya hiking, hihi. Memang untuk sampai ke air terjun Cibeureum kita akan melalui jalur trekking yang biasa dilalui oleh para pendaki kalau mereka mau ke puncak Gunung Gede-Pangrango. Jalurnya bebatuan, tapi masih aman dan nyaman kok guys. Jadi, buat kamu yang belum pernah naik gunung, jangan khawatir ya.

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun Cibeureum, kita akan bertemu dengan beberapa ­spot-spot yang menarik, guys di antaranya Talaga Warna. Talaga warna merupakan sebuah telaga yang memiliki air berwarna biru kehijauan dan kalau kita lagi beruntung guys kita bisa lihat telaga ini berwarna biru magic. Yap! Warna birunya luar biasa keren dan nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, hehe. Benar-benar magic. Lalu kita juga akan bertemu dengan sebuah jembatan yang dulunya terbuat dari susunan kayu, tapi sekarang sudah dipoles lebih bagus lagi biar lebih aman. Jembatan ini berada di atas Rawa Gayonggong, yaitu sebuah rawa yang berisi rumput-rumput. Oh iya, kalau lagi beruntung juga di sini kita bisa bertemu dengan Owa Jawa. Di jembatan ini kita bisa beristirahat sejenak sekaligus menikmati pemandangan, guys.

Dari jembatan itu, lalu kita jalan lagi dan akan bertemu dengan Panyancangan Kuda. Di sini ada dua plang penunjuk guys, yaitu plang ke arah kiri kalau mau puncak Gunung Gede-Pangrango dan plang ke arah kanan kalau mau ke air terjun Cibeureum. Nah, kita pilih yang ke arah kanan. Jalan beberapa meter lagi dan sampailah di air terjun Cibeureum. Di area air terjun Cibeureum ini ada tiga air terjun, guys. Nah, Air terjun Cibeureum sendiri merupakan air terjun utamanya. Dua air terjun lagi yaitu air terjun Cidendeng dan air terjun Cikundul. Kedua air terjun ini ukurannya lebih kecil. Ketiga Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40-50 meter dan berada di ketinggian kurang lebih 1675 m dari permukaan laut.

Biaya masuknya Rp 11 ribu per orang dan buat kamu yang mau ke sini dengan angkutan umum, kamu bisa ke sekitar area Botani Square dan nanti naik elf jurusan Cianjur, biayanya sekitar Rp 25 ribu sampai ke depan jalan arah Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango dan nanti kamu naik lagi angkutan umum sampai ke depan gerbang masuk kawasan Taman Nasional. Nah, buat yang belum pernah hiking dan punya rencana mau coba naik gunung, kamu bisa nih coba dulu datang ke air terjun Cibeureum, itung-itung melatih fisik dulu, guys. Selain itu kita juga bisa menikmati kesejukan kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango dan sejuknya area air terjun Cibeureum.

2014-01-14 13.47.13
foto: dokumen pribadi
IMG_20130102_133510
foto: dokumen pribadi
IMG_20130102_132756
foto: dokumen pribadi
IMG_20130102_133534
foto: dokumen pribadi
IMG_20130102_134615
foto: dokumen pribadi
IMG_20130102_140931
foto: dokumen pribadi
IMG_20140114_144718
foto: dokumen pribadi
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s