traveling

Tebing Keraton, Tebing Keindahan Alam Bandung

Masih tentang Bandung nih guys, setelah saya ajak ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda kali ini saya mau ajak kalian ke tempat yang lagi happening banget di Bandung, namanya Tebing Keraton. Tebing Keraton berada di Kampung Cirahegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Masih satu jalur dengan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berada di daerah Dago. Apa yang menarik dari Tebing Keraton? Di Tebing Keraton kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa indah guys, bukan hamparan kota, melainkan hamparan hutan nan hijau.

Untuk bisa ke Tebing Keraton, kalau dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda harus nanti naik lagi beberapa meter sampai bertemu dengan pertigaan dan dari pertigaan belok ke kanan (**buat yang bingung, jangan khawatir karena ada papan petunjuk). Dari pertigaan ini perjalanan masih panjang guys untuk menuju ke Tebing Keraton, kita akan melewati jalur bebatuan. Jalurnya agak sempit, jadi saya sarankan kalau mau ke Tebing Keraton gunakan kendaraan bermotor. Mobil juga bisa sih, cuma jalannya benar-benar sempit, karena hanya ada satu jalur. Nah, buat yang menggunakan kendaraan bermobil nanti kendaraannya bisa di parkir di area bawah dan dilanjut dengan berjalan kaki atau sewa motor. Tapi, kalau jalan kaki dari area parkir mobil ke area Tebing Keraton, jaraknya cukup jauh. Jadi, lebih saya sarankan untuk ke Tebing Keraton memang menggunakan motor, karena untuk harga penyewaan motor di sini juga agak mahal. Sesuai pengalaman saya, karena saat itu saya dan travel mate saya berkendara mobil, mau nggak mau saya harus sewa motor untuk bisa sampai ke area Tebing Keratonnya, karena mobil nggak bisa masuk. Pertama, si penyewa motor, kasih tau kalau harga untuk sewa satu motor Rp 25.000 per orang sekali jalan dan diantar sama si penyewa motornya. Pulang-Pergi jadi Rp 50.000. Wessss, mahal. Karena saya nggak mau, saya tetap nekat jalan kaki. Eh, si penyewa motor kemudian menghampiri saya lagi dan bilang Rp 50.000 untuk satu motor dan 2 orang serat nggak pakai diantar dan pulang pergi. Oke. Ya sudahlah yaaa, akhir saya nyerah juga karena jalan dari area parkir mobil ke area Tebing Keratonnya memang asli lumayan jauh banget.

Setelah sesi tawar menawar sama si penyewa motor, perjalanan ke area Tebing Keraton dimulai. Di sepanjang perjalanan kita disuguhkan dengan jalan bebatuan dan tanjakan yang juga bebatuan. Tapi, biar pun jalannya kurang bagus, di sisi kanan dan kiri jalan kita akan disuguhkan pemandangan yang indah. Sekitar 20 menit, sampailah di Area Tebing Keraton. Eits, untuk masuk ke Tebing Keratonnya, motor harus diparkir lagi, biayanya Rp 5.000. Setelah memarkirkan motor, kita harus beli tiket masuk Tebing Keraton dengan harga Rp 11.000 (untuk wisatawan lokal) dan Rp 76.000 (untuk wisatawan Asing). Dari loket tiket kita harus jalan lagi beberapa meter untuk benar-benar sampai di Tebing Keraton. Daaaaaaannnn… sampailah kita di Tebing Keraton. Tebing Keraton adalah sebuah tebing yang menyuguhkan pemandangan luar biasa keren guys. Menurut plang yang ada di Tebing Keraton, dari dulu tebing ini memang sudah ada tapi namanya Cadas Jontor yang artinya Cadas di sini menonjol ke depan dan memiliki ketinggian yang berbeda dengan Cadas-cadas lainnya. Terus kenapa namanya jadi Tebing Keraton? Menurut Pak Asep, sang penemu Tebing Keraton, tebing ini merupakan tebing keindahan atau kemegahan alam dan menurutnya kata Keraton cocok untuk menggambarkan keindahan alam di sini. Jadilah, Pak Asep memberi nama tebing ini jadi Tebing Keraton. Dan dari Tebing Keraton ini, kita memang bisa melihat kemegahan alam Bandung yang indah dengan pemandangan hutan yang begitu hijaunya.

tebing keraton2
foto: dokumen pribadi
tebing keraton3
foto: dokumen pribadi
tebing keraton 6
foto: dokumen pribadi

tebing keraton 7

Nah, buat yang ingin menikmati keindahan alam Bandung dari atas tebing, bisa coba datang ke Tebing Keraton. Oh iya sekedar saran, Kalau ke Tebing Keraton lebih cocok menggunakan motor karena melihat kondisi jalanannya yang agak kurang mulus. Selain itu, jangan lupa bawa jaket karena udara di area Tebing Keraton cukup dingin dan yang pasti jalan lupa bawa peralatan tempur buat foto-foto ya untuk mengabadikan momen indah dari Tebing Keraton.

Happy Traveling, Mari Jalan! 🙂

Advertisements

One thought on “Tebing Keraton, Tebing Keindahan Alam Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s