traveling

One Day Trip ke Situs Gunung Padang Cianjur

Hi Guys! Pengen liburan yang seru lagi? Kalian bisa nih seharian ke daerah Cianjur dan coba deh sempatkan diri untuk datang ke tempat yang namanya Gunung Padang. Gunung Padang ini merupakan sebuah situs prasejarah kebudayaan Megalitikum yang ada di Jawa Barat, tepatnya berada di antara Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kabupaten Cianjur.

gunung padang

gunung padang7

Menurut keterangan yang ada di ruang informasi Gunung Padang, Gunung Padang ini adalah sebuah punden berundak raksasa dan menjadi salah satu bangunan budaya megalitik terbesar yang ada di Indonesia. Gunung Padang ini ditemukan kembali sekitar tahun 1979 oleh para Petani (Endi, Soma, dan Abidin) dimana pada saat itu keadaannya masih tertutup oleh semak belukar. Namun sebelumnya sekitar tahun 1914 situs ini pernah dicatat oleh seorang peneliti asal Belanda bernama NJ. Krom.

Kemudian punden dibangun di puncak bukit dengan ketinggian 885 m di atas permukaan laut dengan batu-batu yang berbentuk kotak yang berasal dari Gunung Padang itu sendiri. Dan bebatuan yang ada di Situs Gunung Padang ini memiliki bentuk yang prismatik guys dengan ukuran yang bermacam-macam. Punden berundak di Gunung Padang terdiri dari lima teras yang masing-masing dibangun dengan susunan yang berbeda. Pada masanya, peziarah harus melalui proses ritual yang didahului dengan mensucikan diri di kolam batu yang letaknya ada di kaki sebelah selatan tangga dan kemudian peziarah bisa langsung melalui tahapan setiap teras hingga sampai di teras kelima yang merupakan teras tertinggi dan dianggap paling sakral. Begitu pun saat saya datang ke sana, sebelum bisa sampai ke teras paling atas Bapak yang memandu saya di Situs Gunung Padang ini menyodorkan air kepada saya yang diambil dari sebuah kolam di dekat tangga.

gunung padang3

gunung padang10

gunungpadang10

gunung padang9

Untuk yang mau coba datang ke Situs Gunung Padang, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor atau pun mobil ke daerah Cianjur. Tapi saya kasih saran sih lebih baik naik motor walaupun bikin pegal tapi lebih memudahkan karena beberapa jalur menuju ke Situs Gunung Padang ada yang sempit dan bebatuan. Buat yang ingin menggunakan transportasi umum juga bisa kok dengan menggunakan elf dari Bogor yang menuju ke Cianjur dan kemudian dilanjutkan dengan menyewa ojek untuk bisa sampai ke Situs Gunung Padang (tapi dengar-dengar harga sewanya lumayan mahal). Atau buat yang nggak mau repot-repot dan tinggal bawa diri aja, kalian bisa nih coba ikut open trip. Sekarang udah banyak kok yang open trip ke Situs Gunung Padang, salah satunya dari Trip Hemat.

gunung padang11

Nah, tips dari saya buat kalian yang ingin berkunjung ke Situs Gunung Padang:

  • Usahakan kondisi badan kalian fit ya. Nggak mau dong pingsan di tengah jalan? 🙂
  • Usahakan makan dulu sebelum berangkat. Perjalanan jauh sob! Tapi, kalau di tengah perjalanan kalian laper lagi, kalian bisa cari makan di warung-warung pinggir jalan
  • Pakailah sepatu/sandal yang nyaman! No high heels no wedges (for ladies!)
  • Bawa minum yang banyak! Karena untuk bisa sampai ke teras-teras di Situs Gunung Padang ini kita harus menaiki anak tangga yang buanyaaak dan posisinya menanjak!
  • Bawa jas hujan (buat yang bawa kendaraan bermotor). Jaga-jaga kalau hujan di tengah jalan.
  • Bawa surat-surat kendaraan ya. Biar jalan-jalannya tenang 🙂
  • Dan terakhir… berhati-hatilah di jalan. Bawa kendaraannya santai aja. Situs Gunung Padangnya nggak akan pindah kok! 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s