traveling

Melihat Keunikan Museum Galeri Nasional Indonesia

Ke Jakartaaa akuuu… kan kembaliii..iii…iii… Nggak ding. Rumah aku di Bogor, jadi aku kembalinya ke Bogor. hehe. Tapi, ke Jakarta itu aku merantau. Jadi anak rantau itu susah susah gampang. Banyak susahnya sih daripada gampangnya, apalagi kalau udah masuk tanggal-tanggal tua kaya sekarang. Dompet itu jadinya tipiiis banget. *sedih*  Eh tapi, walaupun tipis, tetep aja hasrat buat jalan-jalan itu selalu ada, nggak pandang bulu dompet lagi tebel apa nggak. Susah ditahaaan! iya. Susah banget. Karena hasrat jalan-jalan berbanding jungkir balik dengan keadaan dompet, alhasil aku cari cara gimana biar bisa tetep jalan-jalan, tapi nggak ngeluarin uang banyak, supaya masih bisa hidup sampai hilal di akhir bulan itu muncul.

Mikir! Mikir! Mikir! Cari tempat di sekitar kosan yang keren buat dieksplor. hehe. Setelah cari info sana sini, ketemu juga akhirnya! Mau tau nggak apa? hehe. Museum! Iiihhh kok ke museum mulu sih, Kartika? Lho, emangnya kenapa? Ada yang salah kalau jalan-jalan ke museum? Museum itu menurutku salah satu tempat yang asyik lho. Ada hal yang beda yang kita dapat sehabis berkunjung ke museum. Kadang juga aku suka berimajinasi sendiri, kalau aku lagi ke museum, benda-benda koleksi yang ada di sana semuanya tiba-tiba hidup *kaya di film night at the museum gitu* Seru! Tapiii kalo di dunia yang nyata ini nggak mungkin kejadian kayanya. hehe. Okay. Jadi, di masa-masa penjajahan dompet ini, aku memutuskan untuk datang ke museum aja yang ada di sekitar Jakarta Pusat, tentunya dekat kosan serta nggak ngeluarin uang banyak. Museum apa coba, hayoooo? Ada yang tau Museum Galeri Nasional Indonesia? Nah! Museum inilah yang menyelamatkan aku dari jeratan hasrat jalan-jalan di saat lagi nggak punya uang banyak. hehe.

Apaan sih Museum Galeri Nasional? Buat yang belum tau, Museum Galeri Nasional Indonesia ini adalah sebuah lembaga budaya negara dimana gedung yang ada di museum ini digunakan sebagai tempat pameran dan tempat diadakannya acara-acara seni rupa baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Di museum ini banyak banget berbagai macam jenis seni rupa mulai dari lukisan, patung, hingga karya seni lainnya dari para seniman-seniman keren. Lokasi Museum Galeri Nasional ini ada di Jl. Medan Merdeka Timur No.14, RT.6/RW.1, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. Persis di seberang Stasiun Gambir!

Museum Galeri Nasional Jakarta
Source: galeri-nasional(dot)or(dot)id

Nggak pakai lama … Aku datang ke Museum Galeri Nasional Indonesia ini siang hari menjelang sore. Daaaaann… gedungnya belum dibuka. *dang* eemmm.. Ternyata ada waktu-waktunya guys. Oke-lah, sambil menunggu dan antri (yang antri, buanyaaak) aku ceritain sedikit yang aku tau tentang museum ini, ya. Jadi…  Di Museum Galeri Nasional ini sering digelar pameran yang terbagi menjadi 3 jenis guys, yaitu pameran tetap, pameran temporer, dan pameran keliling. Di area Museum Galeri Nasional Indonesia terdapat 4 gedung yang ditiap-tiap gedungnya dipajang karya-karya seni rupa dan kontemporer, seperti lukisan, patung, fotografi, instalasi, seni media baru, dan lainnya. gituu.

… *Mbak-mbak dan Mas-Mas yang jaga museumnya datang dan membukakan pintunya* Horeee.. akhirnya masuk juga! eh? tapi ternyata ada pemeriksaan dan harus isi buku tamu. Lho? Apa yang diperiksa? Tas, jaket, dan lainnya. iya.. bener diperiksain guys. Jadi, untuk bisa masuk dan menikmati keindahan karya-karya seni dari para seniman kece, ternyata dilarang untuk membawa kamera keren kaya DSLR atau pun Action Cam, yang diperbolehkan hanya kamera dari handphone saja. Nggak boleh bawa tongsis juga. Tas nggak boleh dibawa, tas sekecil apa pun pokoknya nggak boleh. Bawa makanan dan minuman juga nggak boleh. Semuanya dititipin. Cukup bawa diri kamu dan handphone aja. Tenaaang.. tempat penitipannya aman kok. ada kuncinya. Terus juga, ada larangan dimana saat foto tidak boleh menggunakan flash.

Pasti bingung ya kenapa kok banyak banget larangan? Gini lho guys, karena yang akan kita lihat itu adalah sebuah karya seni yang dibuatnya nggak gampang, jadi supaya nggak merusak dan tetap menjaga nilai estetikanya, dibuat larangan seperti itu. Misalnya salah satu contoh kalau kalian foto pakai tongsis. Tongsis itu kan tongkatnya panjaaang bangeeet, kan? Nah, kalau tiba-tiba kalian foto dan si tongsis yang lagi dipegang itu nyenggol karya seni yang ada di sini kan sayaang banget, artinya sama aja kalian merusak karya seni orang lain. Jadi, mari kita hargai dan patuhi peraturan yang ada. Peraturan itu ada untuk ditaati demi kepentingan dan kebaikan bersama. *tsaaah* *sok bijak* hehe. Siap berkeliling Museum Galeri Nasional Jakarta? Mariiii!

Nah, pertama kali masuk ke dalam ruangan, cukup satu kata… WOW!, karya seninya yang ada di Museum ini keren-keren banget. Ditata begitu rapi dan bikin pengunjung terlalu enak buat menikmatinya dan sampai lupa buat mengabadikannya. hehe. Buat yang suka dengan lukisan-lukisan atau seni artistik atau yang suka melukis, kalian wajib banget datang ke sini. Dijamin bakal betah dan nggak nyesel! Buat yang suka foto-foto juga oke, tapi ingat yaaa, jangan terlalu dekat dengan karya seninya dan jangan menggunakan flash. 

Museum Galeri Nasional Jakarta
“Buka Mulutmu” Karya F.X. Harsono – 2002
Museum Galeri Nasional Jakarta
“Belajar Antre Kepada Semut” karya Krisna Murti – 1996
Museum Galeri Nasional Jakarta
Lukisan “Meraba Diri” Karya Ivan Sagita – 1988
Museum Galeri Nasional Jakarta
Patung “Kehidupan I, II, III, dan IV” karya Marida Nasution – 1997
Museum Galeri Nasional Jakarta
Patung “Kebersamaan” karya Dolorosa Sinaga – 2002
Museum Galeri Nasional Jakarta
Lukisan “The Flag of Red and White” karya Bonyong Munni Ardhi – 1975

Museum Galeri Nasional Jakarta

Museum Galeri Nasional Jakarta

Seru, kan? hehe. Buat yang mau berkunjung ke sini, nggak perlu ngeluarin uang. Karena masuk ke Museum Galeri Nasional Indonesia ini GRATIS! TANPA DIPUNGUT BIAYA SEPESER PUN! Uwoooh! Asyik kan buat di tanggal-tanggal tua tapi pengen jalan-jalan. hehe. Museum Galeri Nasional Indonesia ini buka dari hari Selasa – Minggu (pk. 09.00 – 16.00 WIB) untuk pameran tetap dan buka setiap hari (pk. 10.00 – 19.00 WIB) untuk pameran temporer-nya. Buat info jadwal pameran temporer-nya kalian bisa lihat di sini.

Nah, kaaan? Jadi kata siapa kalau lagi nggak punya uang banyak nggak bisa jalan-jalan? Bisa aja kalau kita ada niat dan kemauan buat cari infonya. hihi. Mari Jalan! 😀

Advertisements

6 thoughts on “Melihat Keunikan Museum Galeri Nasional Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s