Tips · traveling

Begini Cara Ke Nusa Lembongan dan Kegiatan Serunya di Sana!

Salah satu bucket list traveling aku adalah Bali. Kenapa? Karena Bali jadi satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi orang baik domestik maupun luar negeri. Tiap-tiap daerah yang ada di Bali juga punya karismanya tersendiri bagi orang-orang termasuk aku untuk datang, datang lagi, lagi, dan lagiiii…! Sebut saja seperti daerah Ubud, di sini kita bisa menghirup udara yang lebih segar, melihat hijaunya sawah, dan pastinya cocok buat yang mau relax. Ada juga pantai-pantai Bali yang terkenal seperti Kuta, Jimbaran, Nusa Dua, Pandawa, Sanur dimana kita bisa menikmati pasir pantai yang lembut, birunya laut, dan melihat sunset yang indah.

Nah, kalau sedang berkunjungi ke daerah Sanur, sambil menikmati pemandangan pantainya, cobe deh tengok dan lihat ada banyak boat-boat yang ukurannya cukup besar. Fast boat yang ada di pantai Sanur ini punya tujuan yang bakal ngebawa kita ke satu pulau yang nggak kalah cantiknya, lho. Penasaran? Oke, aku kasih tau ya, jadi fast boat di Sanur itu bakal membawa kita ke satu pulau cantik bernama Nusa Lembongan!

Mungkin masih ada yang asing sama nama ini, tapi kayanya kalau kalian suka cek-cek instagram, udah banyak tuh foto-foto kawasan Nusa Lembongan. Pertama kali ke sini, aku amaze banget. Ternyata Bali punya pulau kecil yang sangaaaaat cantik dengan keramahan orang-orang lokalnya. Kalau bukan karena pacarku yang lagi kerja di sini, sampe detik ini mungkin aku belum menginjakan kaki  dan belum tau banget tentang Nusa Lembongan serta cuma bisa nikmatin keindahannya lewat foto-foto yang ada instagram. By the way, terima kasih, pacar! :*

Penasaran kenapa sekarang Nusa Lembongan jadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi dan kegiatan apa aja yang bisa dilakukan di sana? Berikut ini aku kasih tau infonya!

Sebelumnya, aku mau berbagi informasi tentang bagaimana cara ke Nusa Lembongan dengan mudah. Gampangnya, yang pasti kamu harus beli tiker pesawat dulu dari tempat asal kamu menuju Bali. Setelah sampai Bali, kamu bisa langsung menuju ke daerah Sanur. Bingung nggak ada kendaraan? Kamu bisa sewa taksi atau langsung order ojek online! Tapi, kalau kamu sudah ada di Bali dan mau berkunjung ke Nusa Lembongan dan pakai motor atau mobil, kamu bisa titip kendaraannya di penitipan motor atau mobil. Nggak usah khawatir, tempat penitipan motor atau mobilnya ada banyak kok. Lalu, kamu bisa jalan ke tempat yang jual tiket fast boat-nya. Kamu bisa masuk melewati jalur kios-kios yang menjual pernak-pernik atau oleh-oleh khas Bali. Jalan aja terus, nanti pasti ketemu tempatnya. Kalau masih bingung, tanya aja! Jangan malu!

Fast boat ke Nusa Lembongan di Sanur ini banyaaak pilihannya tapi tiap fast boat punya jam-jam berangkatnya sendiri. Nggak usah takut ketinggalan boat. Biaya ke Nusa Lembongan dengan menggunakan fast boat sekitar 150ribuan, dengan jarak tempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Nah, berikut ini aku kasih info nama-nama fast boat plus jam keberangkatannya dari Sanur – Lembongan dan dari Lembongan – Sanur:

Nama Boat Keberangkatan
Sanur – Lembongan Lembongan – Sanur
ROCKY 10:00 AM 9:00 AM
12:00 AM 11:00 AM
2:00 PM 1:00 PM
5:30 PM 4:30 PM
KARINA SRIKANDI 8:45 AM 9:30 AM
10:45 AM 11:30 PM
12:30 PM 2:00 PM
3:30 PM 5:00 PM
GLORY EXPRESS 8:30 AM 9:30 PM
11:00 PM 4:30 PM
3:00 PM
NIRWANA FAST BOAT 8:45 AM 11:00 AM
2:00 PM 5:00 PM
MARLIN LEMBONGAN CRUISER 10:00 AM 8:30 AM
1:00 PM 11:30 AM
4:00 PM 3:00 PM
GFORCE FAST BOAT 9:15 AM 11:15 AM
1:15 PM 4:00 PM
SCOOT 9:30 AM 8:30 AM
11:30 AM 10:30 AM
1:30 PM 12:30 PM
5:00 PM 4:00 PM
SUGRIWA EXPRESS 9:30 AM 8:30 AM
1:30 PM 4:00 PM
5:00 PM
TANIS EXPRESS 11:30 AM 7:00 AM
3:30 PM 2:30 PM

Dari pengalaman aku yang dibilang cukup sering bolak-balik ke Nusa Lembongan, Aku suka naik fast boat Rocky, Glory, dan Surgiwa. Kenapa? Karena waktunya yang selalu pas dengan jadwal aku, hehe. Selain itu, aku suka ketiga kapal ini karena punya tempat duduk yang nyaman jadi enak buat tidur selama perjalanan apalagi buat kalian yang suka mabuk laut. Fast boat ini pas banget.

Setelah tau jadwal fast boat di atas, sekarang waktunya menjelajahi keindahan wisata Nusa Lembongan. Apa aja sih yang bisa dilakukan di sana? Di Nusa Lembongan banyak banget kegiatan water sport yang bisa kamu coba, Seperti Sea Walker, Banana Boat, Kayaking, Paddling, Snorkeling, dan Diving! Psssssst…! Buat kamu yang hobi diving, Nusa Lembongan harus masuk list kamu. Kenapa? Karena di dalam perairan kawasan Nusa Lembongan kita bisa menemukan banyak hewan-hewan laut yang menggemaskan dan lucu, salah satunya Sunfish atau biasa dikenal dengan ikan Mola-Mola. Seperti inilah bentuk ikan Mola-Mola,

Mola-Mola
pic by dhenyfir

Atau kamu bisa ketemu Manta Ray yang keren banget. Buat ketemu Manta Ray gak perlu diving juga bisa kok. Kaya aku, waktu itu mungkin dewi fortuna lagi berpihak sama aku, hehe. Pas aku snorkeling di Manta Point, aku ketemu sama Manta Ray untuk pertama kali! Senang sekaliiii! Sayangnya, waktu itu aku nggak sempet mengabadikan foto bareng Manta Ray, karena udah keburu nyemplung air, penasaran sama ikan satu ini. Pas snorkeling, Manta Ray-nya berenang-berenang lucu di bawah aku, iya. tepat di bawahku dan itu dekaaaaat bangeeeet. Satu lagi yang bikin senang, Manta Ray-nya nggak cuma satu, tapi ada dua yang ukurannya lumayan besar. Senangnya bukan main! 😀

Manta Ray Nusa Lembongan
Ini pacarku lagi guiding diving dan ketemu manta! :* | pic by dhenyfir

Mau coba gimana rasanya diving? Memang sih kalau mau diving harus punya lisensi minimal open water, tapi jangan khawatir. Buat kamu yang nggak punya lisensi tapi keukeuh mau coba diving, kamu masih bisa diving kok! Tenaaang 🙂 Di Nusa Lembongan sendiri, ada banyak banget dive shop yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa dive shop Nusa Lembongan yang aku rekomendasiin untuk kamu coba:

    1. Lembongan Dive Center, lokasinya tepat di samping Scooby Doo Bar
    2. Blue Corner Dive
    3. World Diving Lembongan

For another dive shop at Nusa Lembongan Island, you can click here.

Diving Nusa Lembongan
Lagi pool session di Lembongan Dive Center
Nusa Lembongan
Lagi diajarin teknik diving sama Dive Master favoritku yang sebentar lagi mau jadi instruktur :*
Nusa Lembongan
Breathe on the water o

Itu dia beberapa informasi dari aku tentang gimana cara ke Nusa Lembongan dan kegiatan apa aja yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan. Oh iya, untuk berkunjung ke Nusa Lembongan, kalian bisa menginap atau hanya one day trip aja. Jadi, buat kalian yang one day trip, setelah kalian melakukan kegiatan water sport di sana dan menjelajahi keindahan Nusa Lembongan, kalian bisa langsung kembali ke kota Bali.

Oh iya, pesan dari aku buat kalian yang berkunjung ke Nusa Lembongan, please jangan kotori pulau ini dengan sampah. Jaga lingkungan dan keindahan Nusa Lembongan dengan tidak membuat sampah sembarangan, ya 🙂

Mari jalan 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s